Connect with us

Berita

Pemenang Kategori Non Bioskop FFI 2015

Published

on

Malam Penganugerahan Festival Film Indonesia 2015 telah terselenggara dengan baik pada tanggal 23 November 2015 di ICE BSD. Ada 21 kategori yang masuk dalam nominasi Festival Film Indonesia 2015, 16 kategori sudah dibacakan ketika malam penganugerahan FFI 2015 dan masih ada 5 Kategori yang belum disampaikan secara langsung. Bertempat di Plaza Indonesia, kategori Non Bioskop diumumkan, dan berikut pemenangnya :

Film Televisi

HATI HATI DENGAN HATI

Jalu (46 tahun) mantan aktivis, pejuang reformasi 1998. Saat ini bekerja sebagai pengumpul barang bekas. Saat sedang berada di sebuah kompleks perumahan mewah dan berhenti di sebuah rumah dan berhenti di depan sebuah rumah,ia diusir satpam yang berjaga. Dea (44) pemilik rumah itu melihatnya lalu menyuruh pembantunya memberikan dua karung berisi barang bekas pada Jalu. Ternyata Diko, suami Dea,adalah kawan lama Jalu dania ingin sekali bertemu dengan Jalu.

 

Film Pendek

THE FOX EXPLOITS THE TIGER MIGHT

The Fox Exploits the Tiger’s Might bercerita tentang dua anak laki-laki pra-remaja yang sedang bergulat dengan seksualitas mereka, serta hubungan antara seks dan kekuasaan, di sebuah kota kecil yang sunyi tempat bercokolnya basis militer. David adalah anak jendral yang sombong dan suka memamerkan kekayaan ayahnya, sementara Aseng datang dari keluarga etnis minoritas pedagang tembakau yang menjual minuman keras selundupan. Film besutan sutradara Lucky Kuswandiini juga ditayangkan di Cannes International Film Festival 2015, yang diselenggarakan pada 13-24 Mei 2015 di Cannes, Perancis. Film inilolosseleksimasukSemaine de La Critique, yang merupakan bagian paralel dari Cannes International Film Festival dan diadakan untuk menemukan bakat baru bidang perfilman dari seluruh dunia.

 

Film Animasi

GWK

Film animasi ini adalah adaptasi dari mitologi Hindu yang berkisah tentang Garuda Wisnu Kencana. Dimana penyihir Kadru yang jahat ingin memperolah TirtaAmerta, air yang bisa membuat hidup abadi dan membuat bencana di dunia. Kadru sadar bahwa satu-satunya yang bisa mengambil Tirta Amerta adalah Garuda. Maka dengan licik ia membuat Vinata, Ibu Garuda, terjebak menjadi budaknya. Untuk bisa membebaskan Ibunya, Garuda terpaksa mengikuti keinginan Kadru mengambil Tirta Amerta yang dijaga Dewa Wisnu. Garuda sadar sekali bahaya yang timbul bila Tirta Amerta berada di tangan Kadru. Tetapi ia tidak punya pilihan lain.

Film Dokumenter Pendek

TINO SIDIN GURU GAMBAR

Pada era 80-an kita mengenal sosok Tino Sidin seorang tokoh yang mengembangkan sebuah metode menggambar dengan mengunakan spidol dan kertas dengan mengabungkan dua unsur garis, garisl urus dan garis lengkung, dalam penciptaan objek gambar. Tokoh ini sangat terkenal dikalangan anak-anak Indonesia pada zaman itu lewat sebuah program Televisi “Gemar Menggambar” pada stasiun TVRI. Program ini menjadi siaran inspiratif pemirsanya, terutama anak-anak dinusantara, sebab beliau selalu mengkomentari hasil kiriman dari pemirsa dengan kata “Baguus!..tidak ada yang jelek”. Selain itu, Tino Sidin juga banyak menghasilkan karya tulisan, komik dan lukisan. Film yang dikerjakan oleh Mohd. Fikri beserta teman-temannya di Fakultas Film dan TelevisiInstitutKesenian Jakarta (FFTV IKJ) ini mengungkap cerita mengenai Tino Sidin dalam sebuah cerita kehidupan beliau dimata keluarganya, sahabat, murid, dan koleganya.

 

Film Dokumenter Panjang

MENDADAK CALEG

Kemeriahan mewarnai hari pertama masa kampanye Pemilu 2014. Ribuan pendukung parpol memadati jalan protokol Ibukota. Suratmi S, SE, calon anggota DPRD dari PartaiAmanat Nasional (PAN) untuk Dapil 9, juga berada di tengah lautan massa tersebut. Ia bersama sejumlah relawannya terlihat begitu kecil dan sederhana di antara kemegahan para caleg bermodal besar dan dari partai besar pula. Maka, hiruk-pikuk dan karut-marut pesta demokrasi segera dihadirkan melalui film dokumenter bertajuk Mendadak Caleg dengan karakter utama Suratmi S, SE. Kisah perjalanan caleg ini pun dimulai dari suasana hiruk-pikuk di pasar kaget di tengah permukiman warga di kawasan Krendang Tengah, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Penuturan para relawan, warga yang menjadi simpatisan, caleg DPR yang juga fungsionaris PAN, juga sang caleg sendiri akan menjadi narasi pelbagai peristiwa meliputi rapat-rapat persiapan Premis yang diusung film ini adalah perjuangan seorang caleg di antara karut-marut Pemilu 2014.

 

Penghargaan Khusus Dewan Juri – Film Dokumenter Panjang

CERITA TENTANG CAK MUNIR

Cerita Tentang Cak Munir adalah film dokumenter biografi yang merangkum kesaksian orang-orang terdekat Munir Said Thalib tentang interaksinya dan bagaimana hubungan di antara mereka terbangun dan saling mempengaruhi satu sama lain dalam relasi yang terjalin. Munir Said halib adalah aktivis Hak Asasi Manusia kelahiran Malang, 8 Desember 1965. Selama hidupnya Ia telah banyak mengadvokasi banyak kasus perburuhan dan kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia berat. Ia meninggal diracun dalam penerbangannya menuju Belanda pada tanggal 7 September 2004. Film documenter berdurasi 90 menit ini disutradarai oleh Hariwi, mahasiswa semester 6 STMM Yogyakarta, beserta teman-temannya dari komunitas AlienS Films.

 

Penghargaan Khusus Dewan Juri – Film Animasi

TENDANGAN HALILINTAR

Sebuah kompetisi antara si baik dan si jahat yang divisualisasikan dalam bentuk pertandingan sepak bola. Namun sepak bola ini bukan sepak bola biasa. Ini adalah sepak bola yang penuh ketegangan karena banyak hal yang tak terduga akan muncul yang membuat adrenalin terpacu. Adalah Akbar, yang didaulat sebagai kapten Tim Garuda harus terus berusaha melakukan yang terbaik bersama personel yang lainnya dalam menghadapi Alvan bersama Tim Super nya. Kemenangan Milik Kebaikan, itulah pesan utama dari film animasi besutan MD Animation ini.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Berita

3 Film Horror yang akan tayang bulan oktober

Published

on

film horor indonesia

Produksi film lokal semakin banyak dengan adanya platform digital di era modern. Semenjak pandemi dan naiknya trafik tontonan film, produsen dalam negeri berlomba membuat karya terbaik dengan memanfaatkan platform tersebut.

Beberapa genre telah banyak lahir dimasa pandemi ini mulai dari, drama, komedi, action bahkan horror. Nah beberapa waktu lalu klikfilm akan serentak mengumumkan 3 film sekaligus yang akan tayang pada tanggal 8 oktober 2021 dan Perdana tayang pada pukul 19.00 WIB. Genre yang diambil klikfilm ini sangat berbeda dengan yang lain pada umumnya dari kebanyakan kompetitor khususnya film dalam negeri. 3 film tersebut bergenre horror atau thriller. Nah, simak aja yuk 3 film horor itu apa saja yang akan rilis.

Aku Lupa Aku Luka

aku lupa aku luka

Film ini menceritakan tentang selamat dari pembunuhan tetapi menyebabkan hilang ingatan, lalu berusaha mencari identitasnya dan justru makin terjebak dalam kasus gelap yang menimpanya. Film ini asli produksi dari klikfilm productions dan akan tayang di platform klikfilm. Aku Lupa Aku Luka ini dibintangi oleh junior robert, salshabilla adriani, dewa dayana dan Jerome kurnia.

Kabut

film kabut

Film ini menceritakan tentang jupri dan joni, dua orang pemuda pengantar ayam potong, terjebak di sebuah desa misterius, di mana terjadi konflik antara dua kelompok manusia aneh, masing-masing dipimpin oleh Darsono dan Ghofur. Dibantu oleh Mirah dan Tijah, Jupri dan Joni berusaha keluar kutukan desa tersebut. Kabut dibintangi oleh kevin ardilova, sara fajira, Alfie alfandy, asrul Dahlan, odet Kravitz dan yati surachman.  

Hompimpa

film hompimpa

Sinopsis ,Setelah mendapat SMS dari Jena, teman mereka yang sudah lama meninggal, Angel, Niko, Ririn dan Lili harus melewati rintangan-rintangan berbahaya yang tujuannya adalah untuk merenggut nyawa mereka. Dengan bantuan Asher dan Moira yang ikut terjebak dalam permainan ini, mereka harus mencari tahu dalang di balik kedok Jena dan menghentikannya. Dibintangi oleh Kenny Austin, zoe Jackson, sebryan yosvien, Sonia alexa, yuriska patricia.

Dari tiga film diatas dibuat asli dari klikfilm productions guna menyambut hallowen. Yuk tonton dan semoga banyak lahir film berkualitas dari dalam negeri dan jayalah film Indonesia.

Continue Reading

Berita

Daftar Film Lolos Seleksi Awal di Piala Citra FFI 2021

Published

on

Daftar film yang lolos seleksi tahap awal dirilis oleh FFI 2021 dari situs resminya. Data tersebut, didapat dari pembukaan pendaftaran pada tanggal 15 juli – 31 agustus 2021 dengan sebanyak 69 judul film Panjang dan yang lolos adalah 30 film yang diseleksi oleh tim khusus komite FFI 2021. Dibawah ini adalah film yang telah memenuhi kriteria dan elemen penjurian, potensi nominasi, dan persyaratan administrasi.

Daftar Film FFI 2021 yang lolos tahap awal :

  1. A PERFECT FIT – Hadrah Daeng Ratu – Starvision
  2. AFFLICTION – Teddy Soeriaatmadja – Karuna Pictures & Roemah Rumah Films
  3. ALI & RATU RATU QUEENS – Lucky Kuswandi – Palari Films
  4. ASIH 2 – Rizal Mantovani – MD Pictures
  5. AUM! – Bambang “Ipoenk” M – Lajar Tantjap Film, Bioskop Online
  6. BIDADARI MENCARI SAYAP – Aria Kusumadewa – Citra Sinema, MD Pictures
  7. CINTA BETE – Roy Lolang – Innomaleo Films
  8. GENERASI 90-AN: MELANKOLIA – M. Irfan Ramli – Visinema Pictures
  9. HARI YANG DIJANJIKAN – Fajar Bustomi – KlikFilm Production
  10. JAKARTA VS EVERYBODY – Ertanto Robby Soediskam – Pratama Pradana Picture, Summerland Film, Urbain.Inc
  11. KUKIRA KAU RUMAH – Umay Shahab – Sinemaku Pictures
  12. LAYLA MAJNUN – Monty Tiwa – Starvision
  13. NONA – Anggi Frisca – Aksa Bumi Langit
  14. PARANOIA- Riri Riza – Miles Films
  15. PENYALIN CAHAYA (PHOTOCOPIER) – Wregas Bhanuteja – Rekata Studios, Kaninga Pictures
  16. PERSAHABATAN BAGAI KEPOMPONG – Sentot Sahid – Max Pictures, Frame Ritz
  17. PREMAN – Randolph Zaini – Introversy
  18. QUARANTINE TALES – Sidharta Tata, Aco Tenri, Jason Iskandar, Ifa Isfansyah, Dian Sastrowardoyo – BASE Entertainment
  19. SEJUTA SAYANG UNTUKNYA – Herwin Novianto – Citra Sinema, MD Pictures  
  20. SEPERTI HUJAN YANG JATUH KE BUMI – Lasja F. Susatyo – IFI Sinema Media, Screenplay
  21. SERIGALA LANGIT – Reka Wijaya – E-motion Entertainment
  22. SOBAT AMBYAR – Charles Gozali, Bagus Bramanti – MAGMA Entertainment, Ideosource Entertainment, Paragon Pictures, Rapi Films
  23. SURGA YANG TAK DIRINDUKAN 3 – Pritagita Arianegara – MD Pictures
  24. TALI MATI – Cornelio Sunny – Matta Cinema
  25. TARIAN LENGGER MAUT – Yongki Ongestu – Visinema Pictures, Aenigma Pictures
  26. TARUNG SARUNG – Archie Hekagery – Starvision
  27. TERIMA KASIH EMAK TERIMA KASIH ABAH – Dedi Setiadi – Alimi Pictures
  28. TERSANJUNG THE MOVIE – Hanung Bramantyo, Pandhu Adjisurya- MVP Pictures
  29. THIS IS NOT A LOVE STORY – Sidi Saleh – Archipelago Pictures
  30. YUNI – Kamila Andini – Fourcolours Films, Starvision

Film yang lolos tahap seleksi awal akan diteruskan ke 15 asosiasi profesi/kegiatan perfilman yang selanjutkan aka dipilih 10 judul film cerita Panjang yang dinilai utuh secara keseluruhan dan mempertimbangkan aspek teknis sesuai bidang profesi, untuk ikuti seleksi tahap 2 yaitu masuk nominasi. Tahap 2 akan diumumkan pada saat malam nominasi Piala Citra FFI 2021 yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 oktober 2021. Sudah tidak sabar nih yang masuk nominasi.

Continue Reading

Berita

FFI 2021 , Bertema Tentang Sejarah Film Dan Media Baru

Published

on

FFI tahun 2021 mempunyai tajuk yang unik dan berbeda dari tahun sebelumnya. Konsep yang diambil tahun ini tentang sejarah film dan media baru. Dilansir dari situs resmi festival film Indonesia , ditahun 2021 memasuki ke-41 tahun pelaksanaan Piala Citra Festival Indonesia sekaligus dalam pelaksanaan ditahun kedua yang tidak seperti biasa. Dengan banyaknya perubahan yang ada, banyak insan film yang telah berjuang dalam melahirkan karya terbaiknya. Hal tersebut yang mendasari FFI untuk mengapresiasi tertinggi bagi semua insan perfilman Indonesia yang berkarya. Ditahun ini 2021 perfilman Indonesia bergerak menapaki mas abaru tanpa meninggalkan jejak masa lalu. Geliat film Indonesia beralih masa dan bertukar rasa dalam inovasi media baru, yang dengan harapan akan menciptakan masa depan perfilman Indonesia yang gemilang.

Berikut Tautan Penting Data FFI 2021 :

Pendaftaran

Data Film FFI 2021

Sistem Penjurian

Data Aktor AKtris

Pilihan Penonton

Nah, sudah ada informasi lengkap mengenai tentang FFI 2021. Ayo dukung idola teman-teman. Jangan lupa ajak pacar, sanka saudara, kerabat dan siapaun untuk ikut vite dalam ajang FFI 2021. Semoga menang idolanya ya.

Continue Reading

Trending