Connect with us

Berita

Pemenang Kategori Non Bioskop FFI 2015

Published

on

Malam Penganugerahan Festival Film Indonesia 2015 telah terselenggara dengan baik pada tanggal 23 November 2015 di ICE BSD. Ada 21 kategori yang masuk dalam nominasi Festival Film Indonesia 2015, 16 kategori sudah dibacakan ketika malam penganugerahan FFI 2015 dan masih ada 5 Kategori yang belum disampaikan secara langsung. Bertempat di Plaza Indonesia, kategori Non Bioskop diumumkan, dan berikut pemenangnya :

Film Televisi

HATI HATI DENGAN HATI

Jalu (46 tahun) mantan aktivis, pejuang reformasi 1998. Saat ini bekerja sebagai pengumpul barang bekas. Saat sedang berada di sebuah kompleks perumahan mewah dan berhenti di sebuah rumah dan berhenti di depan sebuah rumah,ia diusir satpam yang berjaga. Dea (44) pemilik rumah itu melihatnya lalu menyuruh pembantunya memberikan dua karung berisi barang bekas pada Jalu. Ternyata Diko, suami Dea,adalah kawan lama Jalu dania ingin sekali bertemu dengan Jalu.

 

Film Pendek

THE FOX EXPLOITS THE TIGER MIGHT

The Fox Exploits the Tiger’s Might bercerita tentang dua anak laki-laki pra-remaja yang sedang bergulat dengan seksualitas mereka, serta hubungan antara seks dan kekuasaan, di sebuah kota kecil yang sunyi tempat bercokolnya basis militer. David adalah anak jendral yang sombong dan suka memamerkan kekayaan ayahnya, sementara Aseng datang dari keluarga etnis minoritas pedagang tembakau yang menjual minuman keras selundupan. Film besutan sutradara Lucky Kuswandiini juga ditayangkan di Cannes International Film Festival 2015, yang diselenggarakan pada 13-24 Mei 2015 di Cannes, Perancis. Film inilolosseleksimasukSemaine de La Critique, yang merupakan bagian paralel dari Cannes International Film Festival dan diadakan untuk menemukan bakat baru bidang perfilman dari seluruh dunia.

 

Film Animasi

GWK

Film animasi ini adalah adaptasi dari mitologi Hindu yang berkisah tentang Garuda Wisnu Kencana. Dimana penyihir Kadru yang jahat ingin memperolah TirtaAmerta, air yang bisa membuat hidup abadi dan membuat bencana di dunia. Kadru sadar bahwa satu-satunya yang bisa mengambil Tirta Amerta adalah Garuda. Maka dengan licik ia membuat Vinata, Ibu Garuda, terjebak menjadi budaknya. Untuk bisa membebaskan Ibunya, Garuda terpaksa mengikuti keinginan Kadru mengambil Tirta Amerta yang dijaga Dewa Wisnu. Garuda sadar sekali bahaya yang timbul bila Tirta Amerta berada di tangan Kadru. Tetapi ia tidak punya pilihan lain.

Film Dokumenter Pendek

TINO SIDIN GURU GAMBAR

Pada era 80-an kita mengenal sosok Tino Sidin seorang tokoh yang mengembangkan sebuah metode menggambar dengan mengunakan spidol dan kertas dengan mengabungkan dua unsur garis, garisl urus dan garis lengkung, dalam penciptaan objek gambar. Tokoh ini sangat terkenal dikalangan anak-anak Indonesia pada zaman itu lewat sebuah program Televisi “Gemar Menggambar” pada stasiun TVRI. Program ini menjadi siaran inspiratif pemirsanya, terutama anak-anak dinusantara, sebab beliau selalu mengkomentari hasil kiriman dari pemirsa dengan kata “Baguus!..tidak ada yang jelek”. Selain itu, Tino Sidin juga banyak menghasilkan karya tulisan, komik dan lukisan. Film yang dikerjakan oleh Mohd. Fikri beserta teman-temannya di Fakultas Film dan TelevisiInstitutKesenian Jakarta (FFTV IKJ) ini mengungkap cerita mengenai Tino Sidin dalam sebuah cerita kehidupan beliau dimata keluarganya, sahabat, murid, dan koleganya.

 

Film Dokumenter Panjang

MENDADAK CALEG

Kemeriahan mewarnai hari pertama masa kampanye Pemilu 2014. Ribuan pendukung parpol memadati jalan protokol Ibukota. Suratmi S, SE, calon anggota DPRD dari PartaiAmanat Nasional (PAN) untuk Dapil 9, juga berada di tengah lautan massa tersebut. Ia bersama sejumlah relawannya terlihat begitu kecil dan sederhana di antara kemegahan para caleg bermodal besar dan dari partai besar pula. Maka, hiruk-pikuk dan karut-marut pesta demokrasi segera dihadirkan melalui film dokumenter bertajuk Mendadak Caleg dengan karakter utama Suratmi S, SE. Kisah perjalanan caleg ini pun dimulai dari suasana hiruk-pikuk di pasar kaget di tengah permukiman warga di kawasan Krendang Tengah, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Penuturan para relawan, warga yang menjadi simpatisan, caleg DPR yang juga fungsionaris PAN, juga sang caleg sendiri akan menjadi narasi pelbagai peristiwa meliputi rapat-rapat persiapan Premis yang diusung film ini adalah perjuangan seorang caleg di antara karut-marut Pemilu 2014.

 

Penghargaan Khusus Dewan Juri – Film Dokumenter Panjang

CERITA TENTANG CAK MUNIR

Cerita Tentang Cak Munir adalah film dokumenter biografi yang merangkum kesaksian orang-orang terdekat Munir Said Thalib tentang interaksinya dan bagaimana hubungan di antara mereka terbangun dan saling mempengaruhi satu sama lain dalam relasi yang terjalin. Munir Said halib adalah aktivis Hak Asasi Manusia kelahiran Malang, 8 Desember 1965. Selama hidupnya Ia telah banyak mengadvokasi banyak kasus perburuhan dan kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia berat. Ia meninggal diracun dalam penerbangannya menuju Belanda pada tanggal 7 September 2004. Film documenter berdurasi 90 menit ini disutradarai oleh Hariwi, mahasiswa semester 6 STMM Yogyakarta, beserta teman-temannya dari komunitas AlienS Films.

 

Penghargaan Khusus Dewan Juri – Film Animasi

TENDANGAN HALILINTAR

Sebuah kompetisi antara si baik dan si jahat yang divisualisasikan dalam bentuk pertandingan sepak bola. Namun sepak bola ini bukan sepak bola biasa. Ini adalah sepak bola yang penuh ketegangan karena banyak hal yang tak terduga akan muncul yang membuat adrenalin terpacu. Adalah Akbar, yang didaulat sebagai kapten Tim Garuda harus terus berusaha melakukan yang terbaik bersama personel yang lainnya dalam menghadapi Alvan bersama Tim Super nya. Kemenangan Milik Kebaikan, itulah pesan utama dari film animasi besutan MD Animation ini.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Berita

Daftar Pemenang Kategori Pemain Festival Film Indonesia 2021

Published

on

FFI 2021

Akhirnya setelah melalui proses yang Panjang, pemenang FFI 2021 telah diumumkan malam ini dan akan saya bagikan secara jelas dan memuaskan. Malam ini acara sudah di buka oleh Bapak Jokowi selaku Presiden Republik Indonesia.

Langsung saja dibawah ini masing-masing pemenang tiap kategori pemeran di FFI 2021 :

  1. Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik

Marissa Anita dalam film Ali & Ratu Ratu Queens

KATEGORI PEMERAN PENDUKUNG PEREMPUAN TERBAIK
  1. Pemeran Pendukung Pria Terbaik diberikan

Jerome Kurnia dalam film Penyalin Cahaya

KATEGORI PEMERAN PENDUKUNG PRIA TERBAIK
  1. Kategori Aktris Terfavorit

Prilly Latuconsina

kategori Aktris Terfavorit
  1. Kategori Aktor Terfavorit

Angga Yunanda

kategori Aktor Terfavorit
  1. Kategori Pemeran Utama Pria Terbaik

Chicco Kurniawan dalam film Penyalin Cahaya

kategori Pemeran Utama Pria Terbaik
  1. Kategori Film Pemeran Utama Perempuan Terbaik

Arawinda Kirana dalam film Yuni

kategori pemeran utama perempuan terbaik
  1. Penghargaan Pengabdian Seumur Hidup Piala Citra FFI 2021

ajang C. Noer. Kariernya selama 6 dekade sebagai aktris dengan prestasi gemilang, hingga kini masih aktif dalam film dan diakui dedikasinya untuk perfilman Indonesia

Penghargaan Pengabdian Seumur Hidup Piala Citra FFI 2021
Penghargaan Pengabdian Seumur Hidup Piala Citra FFI 2021

Selamat untuk para pemenang dan kita tunggu karya terbaiknya di film selnajutnya. Sukses film Indonesia.

Continue Reading

Berita

My Sassy Girl Versi Indonesia

Published

on

my sassy girl indonesia

Beberapa waktu lalu Falcon Pictures merilis film terbarunya dengan judul My Sassy Girl, film ini di adopsi dari film korea selatan yang sukses di dunia internasional. Sebelumnya falcon juga me-remake film korea selatan dengan judul Miracle In Cell No.07.

Pemeran film ini adalah jefry nichol dan debut pertama seorang jebolan penyanyi pencari bakat yaitu Tiara Andini, perlu kita ketahui sebelumnya, Tiara Andini adalah seorang penyanyi dari alumni pencarian bakat dan juara 2. Kiprahnya di dunia entertainment sangat cemerlang dan sering mengisi berbagai macam acara di televisi, contohnnya acara music di RCTI dahsyat.

Ini menjadi pembuktian bagi Tiara untuk adu akting dari film terkenal. Film My Sassy Girl ini versi aslinya di perankan oleh Jun Ji Hyun dan Cha Tae Hyun. Menjadi tantangan tersendiri untuk falcon dalam memproduksi film ini karena me-remake salah satu film terlaris sepanjang masa di korea selatan. Film ini mulai produksi pada tanggal 8 November 2021. Jadi tidak sabar nih.

Continue Reading

Berita

Belajar Dari Film Little Mom Series

Published

on

little mom

Film little mom dirilis pada beberapa bulan lalu dan memasuki episode terakhir. Para pemeran nya adalah natasha wilona, teuku rashha dan al Ghazali. Film ini menceritakan tentang seorang pelajar yang masih berusia rentang 16 – 17 tahun dan naura yang diperankan oleh natasha wilona berpacaran dengan yuda yang diperankan oleh teuku rasha, yang kemudian mereka melakukan hubungan layaknya suami istri dan berakhir pada kehamilan.  Kemudian, datangnlah sseorang yang Bernama Keenan yang diperankan oleh al Ghazali, mempunyai latar bekalang broken home sehingga mempengaruhi psikisnya yang sering membuat onar di sekolahan. Lalu, jatuh hati pada naura yang tanpa tahu kejadian sebenarnya yang terjadi pada naura dan yuda. Keenan mempunyai ambisi untuk berusaha lebih dekat dengan naura.

Sipnosis Litte Mom

Dari cerita diatas ada sebuah pelajaran yang menarik yang bisa kita ambil Bersama, masing-masing karakter mempunyai sifat dan keunikan masing-masing dan tentunya mempunyai sebab akibat juga sendiri-sendiri, nah apa saja yang bisa di ambil dari film little mom ini dari masing-masing karakter, simak saja yuk dibawha ini :

  1. Naura

Naura masih usia sangat belia, tetapi sudah hamil karena gaya bebas pacaran, sebelumnya naura adalah anak yang pintar, ceria, kuat dan ambisius. Cita-cita naura ingin jadi dokter dan tidak ingin mengecewakan kedua orang tuanya. Lalu, berpacaran dengan yuda yang kebetulan juga kakak kelasnya disekolah. Disuatu malam mereka melakukan hubungan layaknya suami istri dan berakhir dengan kehamilan. Naura terpukul dan tidak bisa di gugurkan sampai akhirnya ketahuan oleh kedua orang tuanya. Semua telah direncanakan dan pasti terbongkar juga. Akhirnya, kabar tentang kehamilan dan mempunyai anak beredar di sekolah dan naura harus menerima bahwa harus dikeluarkan dari sekolahnya dan mengubur cita-citanya sebagai seorang dokter. Pelajaran yang sangat besar dan bisa kita ambil adalah dalam melakukan sesuatu itu jangan sampai terlewat batas yang akhirnya menyesal seumur hidup, tidak hanya diri sendiri tetapi juga orang tua, masa depan dan cita-cita.

  1. Yuda

Yuda adalah kakak kelas naura dan sekaligus pacar naura yang menghamili naura. Yuda mempunyai cita-cita sebagai seorang atlit basket profesional dan orang tuanya sangat mendukungnya. Yuda takut akan kejadian yang menimpa dia dan dia tidak berpikir jika naura akan hamil dan bahkan nekat untuk menggugurkan kehamilan naura tetapi tidak bisa atau gagal. Yuda egois karena hanya memikirkan diri sendiri tanpa melihat apa yang dirasakan naura yang menanggung beban besar. Yuda menyakinkan naura, tetapi yuda berbohong karena masih takut dengan orang tuanya. Membohongi sampai berkali-kali sampai naura benci. Akhirnya, yuda mendapat balasan yang setimpal yaitu dengan mendengar kabar bahwa naura hamil, ibunya sakit jantung dan meninggal dunia. Yuda sangat menyesal dan akhirnya ayahnya tahu dan marah besar, tetapi Tuhan berencana lain. Ayahnya meninggal dunia dalam kecelakaan menuju bandara Bersama yuda.  Pelajaran yang bisa diambil adalah menjadi seorang laki-laki itu harus bertanggung jawab dari apa yang dimulainya, harus menepati janji dari apa yang telah di buat nya. Jangan sampai mengecewakan orang yang telah mendukung penuh harapan itu, karena penyesalan setelah mereka ( orang tua ) pergi akan terus membanyangi seumur hidup. Sebagai laki-laki harus berani mengambil sebuah keputusan dan jangan sampai bertindak diluar batas di usia yang masih dini. Wujudkan cita-cita dan fokus pada prosesnya, karena penyesalan datang diakhir waktu.

  1. Celine

Celine ini adalah orang yang menyukai yuda dan dia tidak suka dengan naura karena selalu membuat mimpinya tidak tercapai, mulai dari mendapatkan yuda, Keenan, dan ranking sekolah yang harus di posisi 2 setelah naura. Ambisi celine ini terbentuk karena tuntutan orang tuanya, sehingga dia menjadi pribadi yang keras dan ambisius. Berbagai cara dilakukan untuk menghancurkan naura dari apapun, perihal karir, prestasi dan asmara. Celine dibantu temannya menculik naura dan membuangnya di jurang, tetapi gagal. Niat jahat celine ketahuan dan dilaporkan polisi dan akhirnya celine di penjara. Dipenjara celine mendapatkan banyak pelajaran yang mengubah hidupnya, celine di hajar oleh para tahanan lain yang membuat nya harus dirawat. Dari kejadian itu celine mencurahkan semua isi hatinya kepada kedua orang tuanya dan akhirnya orang tuanya sadar. Pelajaran yang bisa diambil dari karakter celine adalah, menjadi orang jahat dan licik itu tidak akan menyelamatkan kita dari sebuah kepuasan, atau bahkan membuat kita bisa lebih baik dari siapapun, justru akan berakibat fatal bisa di penjara, tidak punya teman dan cita-cita juga hancur. Merugikan orang lain atau bahkan membahayakan nyawa orang lain itu adalah perbuatan kriminal.

Dari 3 karakter diatas yang sudah saya tulis sebenarnya masih banyak yang bisa dibahas, tetapi lebih bijaknya jika teman-teman pembaca bisa menambahkan sendiri. Rangkuuman dari masing-masing karakter memang tidak Panjang, tetapi banyak pembelajaran yang bisa kita ambil. Hamil diluar nikah itu salah, menghamili itu salah, berbuat jahat itu salah. Diusia yang sangat belia, kita harus fokus pada tujuan hidup kita agar cita-cita yang diimpikan bisa tercapai. Jangan sampai cita-cita mu gagal karena pergaulan bebas dan jauh dari agama.

Continue Reading

Trending