Connect with us

Sinopsis

Sinopsis : SANG KIAI (2013)

Published

on

sang kiaiPendudukan Jepang ternyata tidak lebih baik dari Belanda. Jepang mulai melarang pengibaran bendera merah putih, melarang lagu Indonesia Raya dan memaksa rakyat Indonesia untuk melakukan Sekerei.

KH Hasyim Asyari sebagai tokoh besar agamis saat itu menolak untuk melakukan Sekerei karena beranggapan bahwa tindakan itu menyimpang dari aqidah agama Islam. Menolak karena sebagai umat Islam, hanya boleh menyembah kepada Allah SWT. Karena tindakannya yang berani itu, Jepang menangkap KH Hasyim Asyari.

KH Wahid Hasyim, salah satu putra beliau mencari jalan diplomasi untuk membebaskan KH Hasyim Asyari. Berbeda dengan Harun, salah satu santri KH Hasyim Asyari yang percaya cara kekerasanlah yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Harun menghimpun kekuatan santri untuk melakukan demo menuntut kebebasan KH Hasyim Asyari. Tetapi harun salah karena cara tersebut malah menambah korban berjatuhan.

Dengan cara damai KH Wahid Hasyim berhasil memenangkan diplomasi terhadap pihak Jepang dan KH Hasyim Asyari berhasil dibebaskan.

Ternyata perjuangan melawan Jepang tidak berakhir sampai disini. Jepang memaksa rakyat Indonesia untuk melimpahkan hasil bumi. Jepang menggunakan Masyumi yang diketuai KH. Hasyim Asy’ari untuk menggalakkan bercocok tanam. Bahkan seruan itu terselip di ceramah sholat Jum’at. Ternyata hasil tanam rakyat tersebut harus disetor ke pihak Jepang. Padahal saat itu rakyat sedang mengalami krisis beras, bahkan lumbung pesantren pun nyaris kosong. Harun melihat masalah ini secara harfiah dan merasa bahwa KH. Hasyim Asy’ari mendukung Jepang, hingga ia memutuskan untuk pergi dari pesantren.

Jepang kalah perang, Sekutu mulai datang. Soekarno sebagai presiden saat itu mengirim utusannya ke Tebuireng untuk meminta KH HAsyim Asyari membantu mempertahankan kemerdekaan. KH Hasyim Asyari menjawab permintaan Soekarno dengan mengeluarkan Resolusi Jihad yang kemudian membuat barisan santri dan masa penduduk Surabaya berduyun duyun tanpa rasa takut melawan sekutu di Surabaya. Gema resolusi jihad yang didukung oleh semangat spiritual keagamaan membuat Indonesia berani mati.

Di Jombang, Sarinah membantu barisan santri perempuan merawat korban perang dan mempersiapkan ransum. Barisan laskar santri pulang dalam beberapa truk ke Tebuireng. KH Hasyim Asyari menyambut kedatangan santri- santrinya yang gagah berani..tetapi air mata mengambang di matanya yang nanar.

  • Genre : Drama
  • Sutradara : Rako Prijanto
  • Produksi : Rapi Films
  • Pemain : Christine Hakim, Ikranagara , Agus Kuncoro , Adipati Dolken
  • Rilis 30 Mei 2013 dan tayang kembali ke bioskop pada 9 Januari 2014 sebagai Pemenang Film Terbaik Festival Film Indonesia 2013.

 

Baca Juga :

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Sinopsis

Sinopsis Teka Teki Tika

Published

on

sinopsis teka teki tika

Film ini adalah film thriller komedi yang di sutradarai oleh Ernest Prakarsa dan menjadi film keenamnya. Film ini masih sama di produksi oleh Starvision Plus dan menjadi film thriller pertama ernest. Produksi film ini berlangsung selama 2 minggu di lokasi jawa barat.

Sinopsis Teka Teki Tika

Film ini mengisahkan keluarga yang sangat Bahagia dengan saling mengisi satu sama lain dan begitu harmonis. Saat sedang merayakan ulang tahun Bersama keluarga besar, Budiman yang diperankan oleh Ferry Salim, yang menjadi seorang pengusaha kaya tiba-tiba dikejutkan dengan kedatangan perempuan yang sangat misterius yang kemudian mengaku sebagai anak kandunganya Budiman dan anak itu Bernama Tika yang diperankan oleh Sheila Dara Aisha. Dibalik pengakuannya, perlahan situasi bertamnbah kacau dan menimbulkan perpecahan dalma keluarganya. Dibalik semua itu , tersimpan bahwa banyak rahasia siapa sebenarnya tika.

Film ini akan tayang pada tanggal 23 desember 2021 di bioskop kesayangan anda.

Continue Reading

Sinopsis

Sinopsis Pintu Surga Terakhir

Published

on

Pintu Surga Terakhir

Film karya fajar bustomi ini akan rilis serentak pada tanggal 11 November 2021 di bioskop kesayangan anda. Drama keluarga ini dibintangi oleh artis papan atas yakni Cut Meyriska, Roger Danuarta dan Indro Warkop. di produksi oleh falcon pictures


Sinopsis Pintu Surga Terakhir

Film yang menceritakan seorang Irma ( Cut Meyriska ) , sebagai seorang Wanita karir yang berusaha menjaga dan melindungi ayanhya ( Indro Warkop ). Pintu suga terakhir ini bermula saat Irma akan dilamar oleh banyak orang dan Irma menolaknya. Ayahnya mengalami sakit dan demi ayahnya, Irma rela untuk tidak menikah demi menjaga dan melindungi ayahnya tercintanya dan ayahnya merasa bersalah Ketika Irma ingin menjalin rumah tangga , ayahnya merasa sebagai penghalang dalam urusan asmara anaknya. Namun, dengan muncul teman lamanya yang tanpa kabar dan sebgaai fotografer, apakah Irma akan membuka hati Kembali ? saksikan saja filmnnya pada tanggal 11 november 2021. Jangan sampai kehabisan tiketnya.

Continue Reading

Sinopsis

Sinopsis Film Yuni

Published

on

film yuni

Yuni adalah sebuah film yang di produksi oleh Fourcolor Film dengan produser ifa isfansyah. Film ini rilis di kanada pada tanggal 21 september 2021 dan mendapatkan Best International Feature Film Official Oscar Entry Indonesia. Film in disiapkan sejak lama pada tahun 2017 dan resmi akan dipertontonkan di layar lebar pada tahun ini yang jaruh pada tanggal 9 desember 2021 di bioskop kesayangan anda.

Sinopsis Film Yuni

Yuni (Arawinda Kirana) seorang gadis píntar dan mempunyai mimpi yang sangat besar. Impiannya ingin bisa kuliah setinggi-tingginya. Suatu hari, Yuni dilamar oleh seorang pría yang tidak dikenali. Ia menolak lamaran tersebut dan menjadi bahan pembicaraan orang-orang disekitarnya. Lamaran kedua pun datang, Yuni masih menolak dan lebih memertingkan untuk menggapai cita-citanya. Namun, sebuah mitos menghantuínya yang dimana jika seorang perempuan menolak dua kali lamaran, dia tidak akan pernah menikah selama-lamanya. Menghadapi semua tekanan yang terjadi dalam hidupnya, membuat Yuni harus berhadapan dergan Yoga (Kevin Ardilova), teman semasa kecilnya yang pemalu serta Pak Damar (Dimas Aditya), guru sastra favoritnya di sekolah.

Film ini di latar belakangi dari cerita dari asisten rumah tangga kamila andini pamit untuk pulang kampung dan akan segera menjadi seorang nenek padahal masih muda, karena anaknya yang berumur belasan tahun akan melahirkan setelah menikah di usia yang sangat muda. Film ini Sudah pasti mengkampanyekan apa tentang cerita diatas, bahwa seorang remaja yang mempunyai mimpi besar harus di dukung mimpinya dan tetapi lingkungannya tidka mendukung. Kira-kira seperti itu inti dari film ini.

Continue Reading

Trending