Connect with us

Review

Review : 99 Cahaya di Langit Eropa

Published

on

99 Cahaya di Langit Eropa, sebuah buku karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra yang kemudian difilmkan oleh Maxima Pictures dengan Sutradara Guntur Soeharjanto. Film dengan pemeran Abimana Aryasatya, Acha Septriasa, Raline Shah, Nino Fernandez, Marissa Nasution, Dewi Sandra dan lain-lain sudah bisa dinikmati di bioskop mulai 5 Desember 2013.

Film 99 Cahaya di Langit Eropa, mengungkap rahasia Islam di Benua Eropa. Dengan pengambilan gambar di Vienna (Austria), Paris (Perancis), Cordoba (Spanyol) dan Istanbul (Turki). Selain memanjakan mata dengan keindahan bangunan Eropa yang elegan dan klasik, disana pula kita bisa melihat rahasia-rahasia Islam yang ada di bangunan. Menjadi kaum minoritas di Eropa tentunya sangat sulit. Tapi, bagi Fatma Pasha dan Ayse mereka sangat bangga dan terus menyebarkan sejarah-sejarah Islam di Eropa. Mereka menyebutnya Agen Muslim, belajar tentang sejarah Islam dengan mengunjungi Museum, Bukit dan Bangunan lainnya.

Film religi yang disajikan dengan nuansa Eropa, tempat dimana masih banyak rahasia yang belum diketahui oleh orang muslim di Indonesia atau bahkan di negara lain. Islam memiliki pengaruh yang kuat di Negara Eropa, bagaimana Fatma, Ayse, Rangga, Hanum, Khan, Marion sebagai Agen Muslim yang sejati walaupun golongan minoritas, mereka tetap mempertahankan keyakinannya dan menjaga toleransi.

Sebuah karya dan seni yang luar biasa, menyajikan keindahan Islam di Eropa. Bagaimana belajar sejarah Islam, bagaimana menjadi Agen Muslim yang baik semuanya disajikan manis dan luar biasa di film ini. Perjalanan dan kisah Agen Muslim akan kembali menyampaikan sejarah Islam di Vienna, Paris, Spanyol dan Turki berlanjut di 99 Cahaya di Langit Eropa Part 2 yang akan rencananya akan tayang Maret 2014 di bioskop.

Continue Reading
Advertisement
1 Comment

Review

Review Film Paranoia

Published

on

review film paranoia

Beberapa waktu lalu ramai dengan kehadiran film baru yang dibintangi oleh Nirina Zubir, Nicholas Saputra, Caitlin North Lewis dan Lukman Sardi, yang menarik perhatian film ini adalah penayangan pertama kali di Bucheon International Fantastic Film Festival ( BIFAN ) korea selatan yang berlangsung selama 8-18 Juli 2021 dan indonesia sendiri mulai perdana tayang serentak pada tanggal 11 november 2021 di bioskop kesayangan anda.

Sinopsis Film Paranoia

Bercerita tentang Dina, yang melarikan diri dari suaminya, Gion. Ia diburu karena selain lari bersama anak mereka, Laura, ia juga membawa sebuah barang berharga. Dalam persembunyian, seorang pria tak dikenal yang bernama Raka, muncul dan mengusik hubungan Dina & Laura. Situasi menjadi bertambah sulit dan ancaman semakin mendekat

Review Film Paranoia

Begitu dimulai nya film ini saya sangat antusias untuk menonton dan semangat sekali karena akhirnya bisa menonton film di bioskop secara langsung. Film ini menceritakan tentang seorang yang bernama Dina yang di perankan oleh Nirina Zubir sebagai istri Gion yang diperankan oleh Lukman Sardi merasa sangat ketakutan dari perbuatan yang dilakukan oleh sang suami. Sang suami masuk penjara karena perkara aniaya yang dilakukan oleh nya , tetapi justru ada hal yang lain yang membuat dia bisa di penjara. Akhirnya, dengan melihat berita bahwa ada informasi mengenai remisi bagi tahanan, Dina begitu kaget dan merasa ketakutan itu muncul lagi dan panik sejadi-jadinya.

Ketakutan itu membuat Dina mengajak anaknya Laura yang diperankan oleh Caitlin untuk bergegas pergi dari rumah yang ia tempati selama ini. Namun, Dina tidak sengaja pada waktu beres-beres kamar , ada suara benda yang jatuh dan ternyata itu patung yang sangat berharga buat Gion dan didalamnya ada serbuk yang diduga itu adalah Narkoba. Dia memutuskan untuk menulis surat dan membiarkan patung itu dirumah agar bisa diambil oleh Gion dan tidak mencari Dina lagi.

Puncak dari masalah ini adalah ketika ketidaktahuan Dina bahwa ternyata Laura membawa patung itu dengan keadaan Gion sudah keluar penjara dan mencari tahu keberadaan Dina untuk mencari barang berharganya. Laura melihat Raka yang diperankan oleh Nicholas Saputra dan membuat ia penasaran lalu ingin berkenalan. Dari situ akhirnya Laura menunjukkan patung itu ke Raka dan patung itu terlihat langka, tapi Raka penasaran karena tidak boleh ketahuan ibunya, akhirnya dibuka oleh Raka dan isinya adalah Narkoba. Raka pergi dan tidak sengaja di tengah jalan bertemu Gion yang sedang mencari seseorang.

Gion berhasil menemukan persembunyian Dina dan Gion langsung mencari barang berharganya, lalu Gion menghajar Dina dengan amarah yang luar biasa. Ketakutan yang kuat muncul di Dina dan ingin lari dari ancaman Gion. Laura yang tengah tidur terlelap, akhirnya bangun dan melihat penyiksaan Gion ke ibunya yang kemudian membuat Laura marah dan ingin membantu ibunya. Gion terus menghajar Dina dan Raka ternyata kembali ke vila dan membantu Dina. Raka dan Gion bertengkar hebat, dengan tekat yang kuat Raka,  Gion kalah dengan kekonyolannya sendiri yaitu jatuh ke dasar tanah karena mengambil senjatanya. Selesai.

Tangapan Film Paranoia


Akting nirina sangat luar biasa dimana ketakutan yang dibuatnya saya ikut terbawa suasana ketika ketakutan nirina muncul pada saat mengingat kejadian yang dialaminya dari Gion, saya di studio juga ikut emosi dan merasa berdebar. Saya menunggu adegan yang lebih banyak Nicholas tapi ternyata hanya sedikit, tetapi aktingnya tidak diragukan lagi emang si orang misterius ini. Lukman sardi dari dulu kalau akting gak setengah-setengah alias total. Untuk caitlin ini cukup bagus meskipun baru pertama kali lihat. Film ini mengajarkan para penonton bahwa sesuatu hal yang pernah dialami baik kekerasan, perkataan atau perlakuan yang sangat tidak menyenangkan itu bisa membuat ketakutan dan trauma yang sangat panjang. Kita bisa belajar bahwa menjadi orang harus berhati-hati dalam bertindak dan berkata kepada orang lain. See you di review film selanjutnya

Continue Reading

Berita

Belajar Dari Film Little Mom Series

Published

on

little mom

Film little mom dirilis pada beberapa bulan lalu dan memasuki episode terakhir. Para pemeran nya adalah natasha wilona, teuku rashha dan al Ghazali. Film ini menceritakan tentang seorang pelajar yang masih berusia rentang 16 – 17 tahun dan naura yang diperankan oleh natasha wilona berpacaran dengan yuda yang diperankan oleh teuku rasha, yang kemudian mereka melakukan hubungan layaknya suami istri dan berakhir pada kehamilan.  Kemudian, datangnlah sseorang yang Bernama Keenan yang diperankan oleh al Ghazali, mempunyai latar bekalang broken home sehingga mempengaruhi psikisnya yang sering membuat onar di sekolahan. Lalu, jatuh hati pada naura yang tanpa tahu kejadian sebenarnya yang terjadi pada naura dan yuda. Keenan mempunyai ambisi untuk berusaha lebih dekat dengan naura.

Sipnosis Litte Mom

Dari cerita diatas ada sebuah pelajaran yang menarik yang bisa kita ambil Bersama, masing-masing karakter mempunyai sifat dan keunikan masing-masing dan tentunya mempunyai sebab akibat juga sendiri-sendiri, nah apa saja yang bisa di ambil dari film little mom ini dari masing-masing karakter, simak saja yuk dibawha ini :

  1. Naura

Naura masih usia sangat belia, tetapi sudah hamil karena gaya bebas pacaran, sebelumnya naura adalah anak yang pintar, ceria, kuat dan ambisius. Cita-cita naura ingin jadi dokter dan tidak ingin mengecewakan kedua orang tuanya. Lalu, berpacaran dengan yuda yang kebetulan juga kakak kelasnya disekolah. Disuatu malam mereka melakukan hubungan layaknya suami istri dan berakhir dengan kehamilan. Naura terpukul dan tidak bisa di gugurkan sampai akhirnya ketahuan oleh kedua orang tuanya. Semua telah direncanakan dan pasti terbongkar juga. Akhirnya, kabar tentang kehamilan dan mempunyai anak beredar di sekolah dan naura harus menerima bahwa harus dikeluarkan dari sekolahnya dan mengubur cita-citanya sebagai seorang dokter. Pelajaran yang sangat besar dan bisa kita ambil adalah dalam melakukan sesuatu itu jangan sampai terlewat batas yang akhirnya menyesal seumur hidup, tidak hanya diri sendiri tetapi juga orang tua, masa depan dan cita-cita.

  1. Yuda

Yuda adalah kakak kelas naura dan sekaligus pacar naura yang menghamili naura. Yuda mempunyai cita-cita sebagai seorang atlit basket profesional dan orang tuanya sangat mendukungnya. Yuda takut akan kejadian yang menimpa dia dan dia tidak berpikir jika naura akan hamil dan bahkan nekat untuk menggugurkan kehamilan naura tetapi tidak bisa atau gagal. Yuda egois karena hanya memikirkan diri sendiri tanpa melihat apa yang dirasakan naura yang menanggung beban besar. Yuda menyakinkan naura, tetapi yuda berbohong karena masih takut dengan orang tuanya. Membohongi sampai berkali-kali sampai naura benci. Akhirnya, yuda mendapat balasan yang setimpal yaitu dengan mendengar kabar bahwa naura hamil, ibunya sakit jantung dan meninggal dunia. Yuda sangat menyesal dan akhirnya ayahnya tahu dan marah besar, tetapi Tuhan berencana lain. Ayahnya meninggal dunia dalam kecelakaan menuju bandara Bersama yuda.  Pelajaran yang bisa diambil adalah menjadi seorang laki-laki itu harus bertanggung jawab dari apa yang dimulainya, harus menepati janji dari apa yang telah di buat nya. Jangan sampai mengecewakan orang yang telah mendukung penuh harapan itu, karena penyesalan setelah mereka ( orang tua ) pergi akan terus membanyangi seumur hidup. Sebagai laki-laki harus berani mengambil sebuah keputusan dan jangan sampai bertindak diluar batas di usia yang masih dini. Wujudkan cita-cita dan fokus pada prosesnya, karena penyesalan datang diakhir waktu.

  1. Celine

Celine ini adalah orang yang menyukai yuda dan dia tidak suka dengan naura karena selalu membuat mimpinya tidak tercapai, mulai dari mendapatkan yuda, Keenan, dan ranking sekolah yang harus di posisi 2 setelah naura. Ambisi celine ini terbentuk karena tuntutan orang tuanya, sehingga dia menjadi pribadi yang keras dan ambisius. Berbagai cara dilakukan untuk menghancurkan naura dari apapun, perihal karir, prestasi dan asmara. Celine dibantu temannya menculik naura dan membuangnya di jurang, tetapi gagal. Niat jahat celine ketahuan dan dilaporkan polisi dan akhirnya celine di penjara. Dipenjara celine mendapatkan banyak pelajaran yang mengubah hidupnya, celine di hajar oleh para tahanan lain yang membuat nya harus dirawat. Dari kejadian itu celine mencurahkan semua isi hatinya kepada kedua orang tuanya dan akhirnya orang tuanya sadar. Pelajaran yang bisa diambil dari karakter celine adalah, menjadi orang jahat dan licik itu tidak akan menyelamatkan kita dari sebuah kepuasan, atau bahkan membuat kita bisa lebih baik dari siapapun, justru akan berakibat fatal bisa di penjara, tidak punya teman dan cita-cita juga hancur. Merugikan orang lain atau bahkan membahayakan nyawa orang lain itu adalah perbuatan kriminal.

Dari 3 karakter diatas yang sudah saya tulis sebenarnya masih banyak yang bisa dibahas, tetapi lebih bijaknya jika teman-teman pembaca bisa menambahkan sendiri. Rangkuuman dari masing-masing karakter memang tidak Panjang, tetapi banyak pembelajaran yang bisa kita ambil. Hamil diluar nikah itu salah, menghamili itu salah, berbuat jahat itu salah. Diusia yang sangat belia, kita harus fokus pada tujuan hidup kita agar cita-cita yang diimpikan bisa tercapai. Jangan sampai cita-cita mu gagal karena pergaulan bebas dan jauh dari agama.

Continue Reading

Berita

Review : Ali & Ratu Ratu Queens

Published

on

By

ali dan ratu ratu queens

             Sebuah film yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, khususnya fans dari Iqbaal Ramadhan  yaitu Ali & Ratu Ratu Queens akhirnya sudah tayang pada 17 Juni 2021 di Netflix. Film yang disutradari oleh Lucky Kuswandi berhasil menghipnotis penonton dengan berbagai kisah yang tersaji. Di awal film kita akan diperlihatkan tentang konflik keluarga Ali, di mana Mia (Marissa Anita) berkeinginan untuk mewujudkan mimpinya ke New York.

                Ali kecil telah tumbuh menjadi remaja yang tengah mencari jati dirinya. Setelah ditinggal pergi selama-lamanya oleh ayahnya (Ibnu Jamil), Ali bertekad untuk menyusul ibunya ke New York. Bermodal postcard yang tersimpan dalam rak dan hasil menyewakan rumah, Ali berangkat ke New York sendirian. Mulai dari sini perjalanan Ali akan dimulai.

                Film ini semakin menarik ketika Ali bertemu dengan ibu-ibu imigran asal Indonesia, yaitu Party (Nirina Zubir), Ance (Tika Panggabean), Chinta (Happy Salma), dan Biyah (Asri Welas). Keempat tokoh ini memiliki karakter yang berbeda, tapi hal itulah yang membuat film ini terasa lebih hidup. Ali tinggal di apartemen  milik keempat tante-tante ini selama pencarian menemukan ibunya. Namun, nantinya semua kisah Ali akan mengalir dan bergulir seiring dirinya akrab dengan keempat tante-tante itu.

                Perjalanan cerita film ini mulai terasa sendu ketika Ali harus menerima kenyataan jika ibunya lebih memilih kehidupannya di kota New York. Namun, Ali beruntung dia menemukan arti keluarga versinya sendiri. Keluarga tak hanya ada ayah, ibu, atau anak melainkan orang-orang yang sayang dan peduli itulah keluarga yang sebenarnya.

                Film ini benar-benar mencampuradukkan emosi penontonnya, pasalnya banyak adegan yang dibungkus dengan sebuah komedi dan ada juga adegan emosional menguras perasaan. Peran para ratu juga berpengaruh dalam membangun jalannya cerita. Para pemain memainkan perannya masing-masing dengan ciri khas karakter yang kuat. Dialog serta gestur tubuh pun juga sangat mudah dipahami oleh penonton.

                Para pemain pendukung seperti Budhe (Cut Mini) yang kuat berpegang teguh dengan tradisi keluarga serta memegang teguh amanat dari ayahnya Ali diperankan dengan sangat baik. Selain itu, adanya Zul (Bayu Skak) menambahkan kesan komedi di awal film.

                Keunggukan-keunggulan lainnya dalam film Ali & Ratu Ratu Queens yaitu kita akan disuguhkan sisi lain kota New York. Bukan tentang tempat estetik nan romantis, tapi kita akan dibawa berkeliling melihat toko, street food, dan jalanan kota New York.

                Sedangkan untuk kekurangannya yaitu ending atau penyelesaian konfliknya terkesan kurang greget, di mana endingnya seakan-akan dibuat menggantung dan penonton dibuat harus menerka-nerkanya sendiri.

                Hal yang paling menarik dari film ini adalah pesan yang akan disampaikan. Ali menjadi korban keegoisan kedua orang tuanya, hingga akhirnya setelah ayahnya meninggal Ali hidup dalam kesendirian. Permasalahan itu cukup relate dengan masyarakat Indonesia saat ini, di mana anak yang tidak tahu-menahu harus menjadi korban akibat keegoisan atau permasahan orang tuanya.

                Film ini sangat recommended untuk ditonton di rumah karena film ini tidak tayang di bioskop melainkan tayang di aplikasi streaming Netflix. Dengan kondisi pandemi saat ini memang tidak ada salahnya untuk tetap menonton film di rumah bersama keluarga.

Continue Reading

Trending