Connect with us

Sinopsis

Sinopsis : Noble Hearts (Mentari Di Ufuk Timur)

Published

on

noble hearts

Irian Jaya Tahun 1997, Kampung Muting sebuah kecamatan dikelilingi rawa-rawa indah di sepanjang kali Bian yang terisolir di dekat perbatasan Republik Indonesia – Papua Nugini. Saat itu anak-anak sekolah rata-rata hanya menamatkan sekolahnya sampai SMP saja dikarenakan belum ada SMA di Muting. Satu satunya jalan untuk melanjutkan SMA hanya dengan bersekolah di Kota Merauke yang jaraknya sekitar 250 KM.

Akibatnya banyak anak-anak penduduk asli Marind yang enggan melanjutkan pendidikannya hingga SMA, mereka lebih memilih mengikuti jejak orang tuanya masuk hutan, berburu atau mencari ikan Kaloso (Arwana). Mereka menolak bersekolah jauh dari keluarga mereka.

Pak Wambrauw (Daud Hollenger) Kepala Sekolah SMP Negeri Muting menangkap kegelisahan ini dan bercita cita ingin mendirikan SMA Negeri di Muting agar anak anak Marind dapat bersekolah di dekat keluarga mereka. Di bantu oleh beberapa guru antara lain Pak Kasimirus Mahuze (Edo Kondologit) seorang guru yang dipercaya menjaga SMP Muting, Ibu Dewi Ambarwati (Nadine Chandrawinata) guru bantu dari lokasi transmigrasi, serta mengajak Pak Bahtiar (Mathias Muchus) seorang tokoh masyarakat yang telah puluhan tahun lama hidup di Muting dan di tuakan di kampung tersebut.

Misi Mulia ini ternyata tidak semulus yang dipikirkan. Mereka menemui banyak rintangan mulai dari ditolaknya proposal mereka di kecamatan, hingga keputusan dari pemerintah kabupaten yang berencana mendirikan SMA di lokasi transmigrasi dengan alasan muridnya lebih banyak disana. Namun mereka tak patah semangat dan terus berjuang agar SMA harus tetap dibangun di kecamatan Muting demi untuk anak anak di kali Bian. Pemerintah pun memberi peluang jika tetap ingin SMA dibangun di Muting maka minimal harus ada 8 orang murid sebagai syarat dibentuknya SMA persiapan. Pak Wambrauw dan kawan kawan pun segera menerima syarat ini dengan dukungan tokoh-tokoh masyarakat di Muting.

Maka dimulailah kisah ini bergulir, pencarian demi pencarian dilakukan hingga ke pelosok-pelosok pedalaman. Pak Wambrauw dan Kasimirus mencari di seluruh kampung Muting, Ibu Dewi menelusuri desa-desa kecil di pinggiran Muting sampai ke lokasi transmigrasi tempatnya berasal. Pak Bahtiar menyusuri sepanjang kali Bian dengan perahu di tempatnya berjualan barang sambil mencari apakah ada anak-anak lulusan SMP yang mau bersekolah di SMA mereka.

Namun perjuangan mereka tidak semudah yang dibayangkan, untuk mencari 8 murid saja membutuhkan kerja keras luar biasa. Begitu sulit minat anak-anak pada masa itu untuk mau bersekolah. Anak anak Marind maupun anak dari lokasi transmigrasi semua tak berminat. Bagi mereka SMP saja sudah cukup. Namun Niat Pak Wambrauw, Pak Kasimirus, Ibu Dewi dan Pak Bahtiar tidak pernah menyerah, mereka terus berjuang dan membujuk dengan hati agar anak-anak ini mau bersekolah di SMA mereka. Perjuangan ini berlangsung selama berbulan-bulan.

Di sisi lain, Sefnat Mahuze (Richard Hollenger) anak dari Pak Kasimirus bersama Ikbal (Saddam Bassalamah) anak Pak Bahtiar yang baru saja lulus SMP setiap hari pergi ke kali Bian mencari ikan Kaloso sambil mengisi waktu menunggu SMA mereka berdiri. Diluar dugaan, mereka mengalami musibah perahunya terhantam batang kayu dan terbalik ditengah arus deras. Pak Kasimirus dan Pak Bahtiar panik mencari anak-anak mereka. Terjadi dilema antara mencari murid ataukah mencari anak-anak mereka yang hilang di kali Bian.

Akankah akhirnya mereka berhasil mendapatkan 8 orang murid seperti kuota yang ditentukan? Saksikan perjuangan mereka dengan latar belakang keindahan rawa dan kali Bian Muting dalam film NOBLE HEARTS yang kisahnya diangkat ke layar lebar berdasarkan penuturan para tokoh aslinya.

  • Genre: Drama
  • Produksi: King Pro Cinema & PSF Merauke
  • Sutradara: Irham Acho Bachtiar
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Sinopsis

Sinopsis : Jakarta VS Everybody ( 2021 )

Published

on

jakarta vs everybody

Dom, seorang remaja yang sedang mencari jati diri, mencoba segala cara untuk mencapai mimpinya sebagai seorang aktor di Jakarta. Setelah serangkaian audisi yang gagal, Dom bertemu Radit dan Pinkan, seorang pasangan muda yang memberikannya pekerjaan. Menggunakan keterampilan aktingnya untuk berperan sebagai karakter yang berbeda, Dom terjemus dalam dunia hitam. Setelah menabung dan bertemu dengan Khansa, seorang perias mayat yang mendorongnya untuk terus mengejar mimpinya, Dom ingin berhenti dari pekerjaanya. Namun untuk keluar dari sisi gelap kota tidaklah semudah yang Dom pikirkan.

Continue Reading

Sinopsis

Sinopsis : Ali & Ratu Queens ( 2021 )

Published

on

Ali dan Ratu ratu Queens

Ali & Ratu Ratu Queens adalah film yang tengah ditunggu-tunggu para penikmat film di tanah air. Pasalnya film ini dibintangi oleh aktor muda berbakat yang pamornya sudah melejit di dunia perfilman Indonesia yaitu Iqbaal Ramadhan. Selain itu, Ali & Ratu Ratu Queens juga akan dibintangi oleh aktris ternama seperti Asri Welas, Nirina Zubir, Tika Panggabean, Happy Salma, dan Aurora Ribero.

Film Ali & Ratu Ratu Queens disutradarai oleh Lucky Kuswandi dan diproduksi oleh Palari Film. Film ini pun menjadi film pertama Iqbaal Ramadhan sebagai film yang bukan based on novel. Naskah film Ali & Ratu Ratu Queens ditulis oleh Gina S. Noer.

                Sinopsis

Ali (Iqbaal Ramadhan) ditinggal oleh Ibunya yang pergi ke Amerika Serikat saat dirinya masih kecil. Saat dirinya menginjak remaja, kerinduan akan Ibunya membuat Ali nekat ingin mencari sampai ke New York. Hal itu dia ungkapkan saat acara syukuran keluarga besarnya dan berhasil membuat kaget seluruh anggota keluarga.

Tak seperti yang dibayangkan oleh keluarga besarnya, ternyata Ali benar-benar mencari Ibunya ke kota di Amerika itu. Namun, sesampainya di sana dia paham jika bukan perkara yang mudah untuk bisa menemukan keberadaan Ibunya, apalagi di kota besar seperti New York.

Untungnya, Ali bertemu dengan empat orang imigran yang mengaku kenal dengan Ibunya, yaitu Biyah (Asri Welas), Party (Nirina Zubir), Ance(Tika Panggabean), dan Chinta(Happy Salma). Keempat wanita tersebut membantu Ali untuk menemukan Ibunya dan tak hanya itu Ali juga berkenalan dengan Eva(Aurora Ribero) anak perempuan satu-satunya Ance yang memperkenalkannya dengan keindahan New York.

Perjalan Ali & Ratu Ratu Queens akan diwarnai oleh adegan mengharukan dan yang lainnya. Apakah Ali akan bertemu dengan Ibunya yang sangat dia rindukan?

Film ini akan tayang perdana pada tanggal 17 Juni di aplikasi streaming Netflix. Jadi ditunggu ya kawan-kawan.

Continue Reading

Sinopsis

Sinopsis : Adit Sopo Jarwo : The Movie

Published

on

adit sopo jarwo the movie

Adit Sopo Jarwo

Film ini di adaptasi dari seri televisi adit sopo jarwo. Film drama komedi versi animasi ini memang snagat seru dengan latar cerita yang menarik dengan penuh isi kebaikan. Gebrakan yang bagus yang dilakukan oleh MD Pictures Bersama dengan MD Animation untuk menyuguhkan film animasi asli mengangkat cerita lokal dan menunjukkan bahwa animasi lokal bisa bersaing dengan baik.

Sinopsis

Adit bersama Ayah dan Bundanya pergi berlibur ke Yogyakarta menggunakan kereta api. Di tengah perjalanannya, kereta berhenti sejenak di Stasiun Cirebon. Bundanya yang tengah hamil mendadak sakit perut, ia pun berniat membelikan biskuit untuk bundanya tanpa izin terlebih dahulu. Saat Adit ingin kembali, keretanya telah berangkat dan membuat Adit tertinggal seorang diri di stasiun. Sopo yang saat itu bekerja sebagai porter menghampiri Adit karena merasa iba. Namun, alih-alih mengantarkan Adit ke Jogja, ia malah mengantarkannya ke rumah makan Gudeg Jogja. Melihat Adit kebingungan, Jarwo yang saat itu diturunkan dari kereta menawarkan Adit untuk mengantarkannya ke Yogyakarta. Perjalanan panjang mereka ke Yogyakarta pun dimulai.

Continue Reading

Trending