Berita

Synesthesia, Kemampuan Membaca Warna Suara Yang Dimiliki Oleh Riani Dalam Film Virgo and The Sparklings, Kasus Nyata Atau Hanya Ada di Film Fantasi?

Published

on

Film Virgo and The Sparklings merupakan film yang diadaptasi dari karya webtoon kolaborasi Author ternama antara Annisa Nisfihani dan Ellie Goh. Jika kalian sudah menontonnya, pasti sudah tahu genre film ini adalah fantasi yang bercerita tentang seorang cewek (Riani diperankan oleh Adhisty Zara) yang mempunyai kemampuan dalam membaca warna suara, atau dapat disebut dengan Synesthesia.

Dengan munculnya cerita tentang Synesthesia ini, pasti banyak yang penasaran tentang kemampuan ini. Synesthesia itu nyata nggak sih? Atau Cuma ada di dunia fantasi aja? Menarik untuk dibahas!

Apa itu Synesthesia?

Synesthesia ini berasal dari bahasa Yunani Kuno yang terdiri dari kata syn, artinya bersama, dan aesthesis, artinya adalah sensasi. Synesthesia adalah fenomena persepsi sensorik di mana stimulasi organ sensorik tertentu secara otomatis dan tidak sadar menghasilkan sensasi lain. Dengan kata lain, gangguan saraf memaksa otak untuk memproses data dalam bentuk beberapa indra sekaligus. Misalnya, saat  mendengar nada tertentu, mereka dapat memvisualisasikan menjadi warna seperti merah, hitam, atau putih dengan bentuk-bentuk tertentu. Orang yang memiliki Synesthesia disebut Synesthetes, dalam hal ini karakter Riani dapat kita sebut Synesthetes.

Menurut tinjauan medis yang dilakukan oleh Christopher Melinosky, MD, asisten Profesor di University of South Florida (seorang Neurointensivist), Synesthesia bukanlah suatu penyakit atau kelainan yang dapat membahayakan kesehatan, dan juga tidak berarti ‘sakit jiwa’. Keadaan ini seperti bisa dibuat-buat, namun secara medis, Synesthesia memang dapat dibuktikan bahwa kondisi tersebut adalah nyata. Sekitar 1% hingga 4% orang di dunia diperkiraan memiliki kemampuan ‘melihat suara’ ini. Cukup langka ya! Synesthesia ini punya banyak jenis lho, diantaranya Colored grapheme synesthesia, Chromesthesia, Number form, Auditory-tactile synesthesia, Ordinal linguistic personification, Mirror-touch synesthesia, dan Lexical-gustatory synesthesia. Adapun Synesthesia yang dimiliki Riani adalah Chromesthesia, karena dia bisa melihat warna-warna dari suara.

Baca juga : Budaya Bugis di film Athirah

Synesthesia di film Virgo and The Sparklings

Di film Virgo and The Sparklings, selain mampu melihat warna suara, Riani juga dapat menciptakan percikan listrik dan api. Muncul pertanyaan juga, “Wah berarti semua orang yang punya Synesthesia bisa jadi Superhero kayak Riani dong!?”. Untuk hal ini belum dapat dibuktikan secara nyata, penelitian yang ada hanya mengkaji mengenai seseorang yang dapat melihat warna suara, tidak lebih dari itu.

Jadi, dapat disimpulkan kalau Synesthesia yang dimiliki Riani dalam Film Virgo and The Sparklings itu memang kedaan yang ada di dunia nyata ya! Tapi untuk kekuatan yang dimiliki Riani hanyalah bumbu dari Author dan Penulisnya agar jalan cerita menjadi seru dan menarik!

Desma Do.

Click to comment

Trending

Exit mobile version