Review

Review : Skakmat

Published

on

Skakmat, berkisah tentang Jamal (Tanta Ginting), seorang tukang ojek yang hobi main catur, bermimpi ingin membuka usaha cuci motor di dekat pangkalan ojeknya. Rodiah, ibu Jamal, mengancam jika Jamal tidak segera mengubah hidupnya, tanah keluarga yang menjadi jatah Jamal akan menjadi milik sepupunya. Jamal mulai resah ditambah lagi urusan asmaranya mendapatkan tantangan dari orang tua Mirna (Andi Anissa) karena pekerjaannya yang tidak jelas.

Karakter Jamal yang diperankan oleh Tanta Ginting membuat film Skatmat menjadi hidup, yang awalnya harus bersinggungan dengan heroin barang haram yang akan dikemas menjadi permen, dan ketakutan Dito sang kurir heroin yang takut jika Arini anaknya menjadi korbannya. Karakter Jamal diciptakan dalam film ini sangat bisa membuat suasana menjadi lunak, yang slengekan dan sok humoris. Tapi kalau enggak ada Jamal, mungkin film ini hanya akan terkesan biasa.

Saat adegan berantem, Mami Tuti, Bos Tanah Tinggi dan Dito adalah sama-sama orang yang jago silat, jadi adegan saat berantem koreo-nya tidak kaku, natural aja karena memang sudah ahli dibidangnya. Ketiganya sudah sama-sama total mengeluarkan energi untuk adegan berantem, namun Dito terlihat paling total, paling keren mengeluarkan koreo-nya tidak diimbangi oleh keduanya, mungkin sudah terkonsep untuk jadi yang paling kuat jadi yang terlihat total hanya Dito saja.

Secara keseluruhan, script yang ditulis oleh Salman Artisto ini sangat bagus, step by step adegan dan obrolannya itu langsung to the point enggak bertele-tele dan potongan adegan utuh, enggak banyak yang kosong saat pergantian satu adegan ke adegan berikutnya.

Film Skakmat ini untuk penonton Dewasa 17 tahun keatas karena banyak adegan yang berantem yang boleh dilakukan oleh orang yang ahli.

Film berurasi 106 menit  ini diperankan oleh Donny Alamsyah, Tanta Ginting, Hannah Al Rashid, Cecep Arif Rahman, Sutan Simatupang, Karenina, Melissa Karim.

Click to comment

Trending

Exit mobile version