Berita

Sebagai Bentuk Dukungan, Kemdikbud Fasilitasi “A Copy of My Mind” di Venice Film Festival 2015

Published

on

Kacung Marijan, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud saat Press Conf A Copy of My Mind di Lounge Plaza Indonesia XXI

Jakarta, Indosinema.com – Film menjadi media komunikasi massa yang efektif untuk mempromosikan Indonesia di dunia internasional. Tahun ini, sineas Indonesia kembali menorehkan prestasi. Film A Copy of My Mind karya Joko Anwar masuk dalam salah satu festival bergengsi, Venice Film Festival 2015. Bersaing di kategori Orrizonti Competition, film A Copy of My Mind merupakan satu-satunya film yang mewakili Asia Tenggara dalam Venice Film Festival ke-72.

A Copy of My Mind merupakan film panjang bagian dari trilogi tentang Jakarta. Dua bagian lainnya adalah A Copy of My Soul dan A Copy of My Heart. Dengan Chicco Jerikho dan Tara Basro sebagai pemeran utamanya, film dengan sutradara Joko Anwar ini menceritakan tentang sepasang kekasih dengan kehidupan yang keras terseret dalam intrik politik karena menemukan DVD berisi rekaman tindak korupsi yang melibatkan seorang calon presiden.

Menyampaikan kebanggaan Indonesia akan prestasi tersebut, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan khususnya Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya memberikan dukungan melalui program fasilitasi kegiatan kebudayaan di luar negeri. Saat ini program tersebut memberikan prioritas pada festival-festival bergengsi internasional. Venice Film Festival merupakan salah satu diantara festival bergengsi yang telah ditentukan oleh tim kurator festival kebudayaan bergengsi di luar negeri.

“Saat ini kami memberikan perhatian khusus pada festival-festival bergengsi di luar negeri karena dapat menjadi wadah yang strategis untuk melaksanakan diplomasi Indonesia melalui kebudayaan. Festival Film Venice tidak diragukan lagi sebagai festival bergengsi. Festival ini merupakan salah satu yang tertua dan termasuk dalam “big three” festival film dunia bersama Festival Film Cannes dan Festival Film Berlin”, kata Kacung Marijan, Direktur Jenderal Kebudayaan dalam Press Conf di Lounge Plaza Indonesia XXI, Jum’at (21/8/2015).

Tidak hanya sampai disitu, setelah Venice International Film Festival, Kemdikbud juga tengah mengupayakan dukungan untuk mengikuti Toronto International Film Festival ke-40. Dua film Indonesia berhasil menembus festival yang diselenggarakan di Kanada tersebut. Film A Copy of My Mind kembali akan hadir pada program Contemporary World Cinema bersama dengan film Sendiri Diana Sendiri (Following Diana) karya sutradara Kamila Andhinisari untuk kategori in competition at Shortcuts Programme. Selain itu, Kemdikbud juga mengupayakan dukungan bagi sineas Indonesia dalam Busan International Film Festival di Korea Selatan.

Click to comment

Trending

Exit mobile version