Berita

Prisia Nasution Perankan Butet Manurung

Published

on

prisia butet manurungDalam film barunya yang berjudul Sokola Rimba, Prisia Nasution perankan aktivis Butet Manurung. Film garapan Riri Riza ini mengangkat kisah sosok Butet Manurung, seorang perempuan yang berdedikasi menjadi pengajar anak-anak di hutan pedalaman.

Prisia mengakui kesulitan dalam film ini, karena memerankan sosok Butet harus benar-benar masuk ke dalam jiwa yang pamrih dan kuat. Seperti yang diketahui, Butet Manurung yang menulis jurnal saat mengajar di pedalaman hutan untuk anak-anak. Wanita berusia 41 tahun itu adalah perintis dan pelaku pendidikan alternatif bagi masyarakat terasing dan terpencil di Indonesia.

Sekolah rintisan pertama kali ia terapkan bagi masyarakat Orang Rimba (Suku Kubu) yang mendiami Taman Nasional Bukit Dua Belas, Jambi. Metode yang diterapkannya bersifat setengah antropologis. Sistem Sokola Rimba kemudian diterapkan juga di berbagai tempat terpencil lainnya di Indonesia, seperti di Halmahera dan Flores.

Film yang diproduksi oleh Miles Pictures ini mengambilan gambar di hutan rimba Jambi ini rencananya akan rilis November 2013.

 

Click to comment

Trending

Exit mobile version