Berita

Perbedaan Film Series dan Serial, Sudah tahu belum ?

Published

on

Bagi pecinta film atau televisi tentunya tidak akan asing dengan kedua kata Series dan Serial. Kedua kata diatas sering digunakan dalam sebuah judul film layar lebar atau televisi, tetapi sebenarnya keduanya memiliki arti yang sama tetapi beda dalam penggunaan. Namun, banyak yang belum memahami keduanya karena memang hampir mirip kosa kata dan istilahnya. Nah, yuk disimak saja kenapa kedua kata tersebut berbeda.          

  • Serial

Serial adalah kata benda (noun) yang menunjukan sebuah  serangkaian cerita dari subjek yang sama tetapi satu cerita tersebut bukan merupakan lanjutan cerita sebelumnya. Nah, berarti yang dimaksud serial ini adalah karakter yang memperankannya itu sama tetapi alur cerita berbeda disetiap serialnya contoh: adit sopo jarwo, awas ada sule, doraemon dll.

  • Series

Series ini adalah kebalikan dari serial yang tanpa harus membaca alur cerita sebelumnnya untuk memahami alur cerita secara keseluruhan dan pengertian series adalah sebuah kata benda (noun) yang menunjukan satu kesatuan alur cerita dimana satu cerita dengan cerita lainnya berkaitan sehingga jika ada bagian yang tidak diikuti maka membuat kita akan kesulitan dalam memahami alur cerita selanjutnya. Artinya jenis ini mempunyai alur yang runtut dan setiap seriesnya juga berkaitan dengan cerita sebelumnya. Contoh series : Naruto, Imperfect series, Yowesben series, ustad milenial dll.

Baik series maupun serial itu tergantung dari judulnya, jadi cara membedakan keduanya sebenarnya sangat sederhana perhatikan saja di judul menggunakan kata kedua tersebut atau tidak, jika tidak bisa dilihat di setiap episodenya mempunyai alur yang berbeda atau satu kesatuan dalam arti lanjutan. Penggunaan kata keduanya memang sangat umum tetapi pemahamannya harus berbeda agar tidak salah artikan.

Nah, jadi Sudah paham ya bagi pecinta film atau televisi tentang penggunaan keduanya, jangan sampai salah arti. Untuk saat ini banyak film yang di serieskan atau murni series di beberapa platform penyedia streaming film. Untuk serial kebanyakn adalah tentang kartun atau dunia anak-anak bahkan ke komedi.

Click to comment

Trending

Exit mobile version