Berita

“A Copy Of My Mind” Karya Joko Anwar Siap Mengikuti Toronto & Venice Film Festival 2015

Published

on

Tara Basro menceritakan kisahnya saat syuting “A Copy Of My Mind”

JAKARTA – Film drama percintaan dengan latar belakang politik A Copy of My Mind karya Joko Anwar berhasil masuk seleksi Toronto International Film Festival (TIFF) dan akan ditayangan pada pertengahan bulan September 2015. TIFF adalah salah satu film festival terbesar dan prestisius di dunia yang setiap tahunnya dihadiri oleh sekitar 400.000 orang, 4000 di antaranya adalah pekerja film. A Copy of My Mind merupakan produksi perdana dari rumah produksi Lo-Fi Flicks bekerja sama dengan CJ Entertainment dari Korea Selatan dengan produser Tia Hasibuan dan Uwie Balfas. Film ini dibintangi oleh Tara Basro, Chicco Jerikho, Ario Bayu, Maera Panigoro, dan Paul Agusta.

A Copy of My Mind juga berhasil masuk dalam kompetisi di Venice Film Festival, Italia, dan akan diputar di awal September 2015. Venice merupakan festival film tertua di dunia dan dianggap sebagai festival film yang sangat bergengsi. Film ini bercerita tentang seorang perempuan pekerja salon murah dan seorang laki-laki pembuat alih bahasa untuk DVD bajakan di Jakarta. Keduanya bertemu dan jatuh cinta. Tapi sepasang orang biasa ini tidak sengaja harus berurusan dengan dunia politik yang mengancam hubungan mereka. A Copy of My Mind adalah film panjang kelima yang ditulis dan disutradarai oleh Joko Anwar yang menggunakan gaya bercerita yang berbeda dari film-film Joko Anwar sebelumnya. A Copy of Mind dibuat senatural mungkin di segala aspek. Sebagian besar set adalah lokasi yang sebenarnya dan sebagian besar pemain pendukungnya adalah orang-orang yang tinggal atau kerja di tempat syuting.

“Saya ingin A Copy of My Mind jadi time capsule Jakarta, Indonesia, sekarang. Jadi nanti kita bisa melihat situasi Indonesia yang sebenar-benarnya saat ini, kapan saja kita mau melihat ke belakang,” kata Joko saat press conf di Lounge Plaza Indonesia XXI, Jakarta Pusat, Jum’at (21/8/2015).

Gaya bercerita film ini tentunya bertolak belakang dengan film-film Joko Anwar selama ini yang sengaja tidak memiliki identitas tempat dan waktu yang definitif. Sebelum syuting dimulai, A Copy of My Mind telah memenangkan predikat salah satu proyek film terbaik di Asian Project Market, Busan International Film Festival 2014, dan mendapatkan hadiah uang sebesar USD 10,000 dari CJ Entertainment untuk mendukung pra-produksi film ini. Di bioskop Indonesia, film A Copy of My Mind direncanakan akan tayang pada bulan Februari 2016.

Click to comment

Trending

Exit mobile version