Berita

Project Change! 3 Film Dokumenter Cerita Tentang Rahasia

Published

on

Jakarta, 29 April 2015 – Tidak semua orang berani mengungkapkan rahasia, Project Change justru kasih yang beda: Cerita Tentang Rahasia. Pemutaran perdana 3 film hasil karya Project Change dari produser Nia Dinata memperkenalkan karya Monica Vanesa Tedja, Yatna Pelangi, Mayk Wongkar, Anggun Pradesha dan Rikky M. Fajar.
“Setahun lebih kami menggodok film-film pendek bareng sutradara muda Monica Vanesa Tedja, Yatna Pelangi dan Mayk Wongkar juga Anggun Pradesha dan Rikky M Fajar. Sutradara-sutradara baru ini benar-benar berani mengungkapkan cerita yang paling personal. Sebelumnya, mereka terjebak dalam ketakutan untuk mengungkapkan. Ini adalah tantangan bagi pembuta film, apalagi yang masih baru, untuk menyusun cerita yang paling pribadi ini menjadi sebuah film. Tapi, menyimpan rahasia itu seperti memelihara beban dalam batin. Lama-lama bisa tidak sehat. Dalam proses development cerita, kami mesti sabar dan sensitif dan membantu proses menulis supaya tidak judgemental terhadap apa yang pernah terjadi dan berusaha diungkapkan dalam film. Untungnya, ada team mentor yang ikut membantu mereka, Lucky Kuswandi, Sammaria Simanjuntak dan Ucu Agustin. Sama-sama kita tanamkan kalau bikin film yang jujur itu bisa juga jadi semacam terapi bagi pembuatnya. Ternyata setelah filmnya selesai, sutradara-sutradara muda ini juga merasa plong dan liberated. Kami sebagai produser dan mentor juga lega dan bangga.” Nia Dinata, selaku produser dari program Project Change!
Sleep Tight Maria, Pertanyaan Untuk Bapak dan Emak Dari Jambi merupakan hasil program Masterclass Workshop Project Change! 2013 yang diinisiasi oleh Nia Dinata dan Kalyana Shira Foundation dengan dukungan penuh dari Ford Foundation, diadakan dari tanggal 18 Desember hingga tanggal 21 Desember 2013.
Project Change yang pertama telah menghasilkan omnibus film dokumenter “Pertaruhan” dan yang kedua menghasilkan omnibus film dokumenter “Working Girls”.
Masterclass Workshop Project Change! ketiga tahun 2013 ini diikuti oleh 30 peserta terpilih dari wilayah Aceh, Bali, Lombok, Jakarta, Medan, Papua, Tasikmalaya, Purbalingga, Yogyakarta dan Bandung.
Masterclass Workshop Project Change 2013 sudah menghasilkan 5 film yaitu: Nyalon, Tanah mama, Sleep Tight Maria, Pertanyaan Untuk Bapak dan Emak Dari Jambi.
Setelah 29 April 2015, kampus-kampus serta komunitas yang berminat memutarkan film-film tersebut dapat mengirimkan pengajuannya ke: info@kalyasashira.com dan akan dikirimkan file filmnya.
Akhir tahun ini Kalyana Shira Foundation juga berencana akan membuat Masterclass Project Change! kembali, call entry akan diumumkan di website www.kalyanashirafound.org dan sosial media Kalyana, Facebook: Project Change, Twitter: @KalyanaShira, @Project_Change, Youtube: PROJECT CHANGE! DOCUMENTARY.

Click to comment

Trending

Exit mobile version