Cinta dan Peduli Film Indonesia|Saturday, October 25, 2014
Anda disini > Home » Berita » 2012 : Film Indonesia yang Diangkat dari Novel
  • Tetap Terhubung

2012 : Film Indonesia yang Diangkat dari Novel 

Tahun 2012 banyak sekali film indonesia yang diangkat dari novel best seller atau novel inspiratif, sepertinya tahun 2013 akan sama, bahkan sudah ada buku inspiratif akan menghiasi bioskop di tahun 2013 ini, misalnya 9 Summers 10 Autums, Rectoverso, Madre, Refrain  dan lain-lain. Nah, berikut ulasan tentang film indonesia yang diangkat dari novel best seller :

1. Negeri 5 Menara

Film adaptasi novel bestseller dengan judul yang sama yaitu Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi ini berhasil difilmkan dan tayang 1 Maret 2012 di bioskop. Lokasi syuting yang diambil adalah di Indonesia dan Inggris. Di Indonesia betempat di Pondok Modern Gontor, Ponorogo., Bandung, Bukittinggi dan Danau Maninjau, Sumetera Barat. Dan di Inggris syuting dilakukan di London.

Pemain Negeri 5 Menara antara lain Doni Alamsyah, Andhika Pratama, David Chalik, Inez Tagor, Mario Irwinsyah dan juga pendatang baru Eriska Rein dan Merayni Fauziah. Film dengan sutradara Affandi Abdul Rahman dan penulis Salman Aristo, A Fuadi dan Rino Sarjono berhasil menarik penonton sebanyak 765.425.

2. Cinta Disaku Celana

Film yang diangkat dari cerita pendek “Cinta Disaku Belakang Celana” karya Fajar Nugros ini tayang 28 Juni 2012. Film bergenre komedi yang dikemas sederhana ini diperankan oleh Donny Alamsyah, Joanna Alexandra, Ramon Y Tungka, Gading Marten, Endhita, Dion Wiyoko, Lukman Sardi dan spesial penampilan Luna Maya dan Massayu Anastasia. Film dengan sutradara Fajar Nugros dan produksi Kharisma Starvision ini berhasil menarik 75.854 penonton.

3. Cinta Suci Zahrana

Dari novel karya Habiburrahman El Shirazy diperankan oleh Meyda Sefira, Miler Khan, Citra Kirana dan lain-lain. Film garapan Chaerul Umam dan produksi SinemArt Pictures tayang 15 Agustus 2012. dalam kesempatan tayang ini ada sekitar 193.951 penonton yang menonton film ini.

4. Perahu Kertas

Diangkat dari novel best seller karya Dewi Lestari ini cukup menarik perhatian. Film yang terdiri dari 2 bagian, yaitu Perahu Kertas 1 yang tayang pada 16 Agustus 2012 dan Perahu Kertas 2 yang tayang 4 Oktober 2012 ini berhasil memasuki Box Office Film Indonesia 2012.

Film yang di sutradarai oleh Hanung Bramantyo ini dibintangi oleh Maudy Ayunda,  Adipati Dolken dan Reza Rahadian. Film produksi Starvision, Dapur film dan Mizan Production ini mendapatkan penonton sebesar 588.614 Perahu Kertas 1 dan 390.208 Perahu Kertas 2.

5. Test Pack

Film dari novel best seller dengan judul yang sama karya Ninit Yunita ini tayang 6 September 2012 yang di sutradarai oleh Monty Tiwa. Film ini dibintangi oleh Reza Rahadian, Acha Septriasa, Renata Kusmanto dan lain-lain. Berperan dalam film ini membawa Acha Septriasa sebagai Pemenang Pemeran Utama Wanita Terbaik di FFI 2012.

6. Radio Galau FM

Film adaptasi novel dengan judul yang sama ini dibintangi oleh Dimas Anggara dan Natasha rizki. Film karya Iqbal Rais ini bercerita tentang kehidupan remaja yang tak jauh dari percintaan. Ceritanya anak SMA banget, yang galau karena perasaannya digantungin. Film produksi Rapi film yang tayang 13 September ini mendapatkan penonton sebanyak 110.988.

7. Bidadari-Bidadari Surga

Film adaptasi dari novel karya Tere Liye ini di sutradari oleh Sony Gaokasak. Dengan genre drama, film ini bercerita tentang kehidupan keluarga. Film produksi Starvision ini berhasil menarik penonton lebih dari 60ribu. Artis yang bermian di film ini antara lain Nirina Zubir, Nadine Candrawinata, Nino Fernandez, Rizky Hanggono, Henidar Amro, Mike Lewis dan lain-lain.

8. 5CM

Buku yang berjudul 5CM karya Donny Dirgantara ini berhasil difilmkan yang tayang perdana pada 12 Desember 2012.  Film yang dibintangi oleh Fedi Nuril, Herjunot Ali, Denny Sumargo, Pevita Pearce, Raline Shah, dan Igor Saykoji ini bercerita tentang persahabatan dan cinta, dimana syutingnya di Mahameru.

Lewat film ini, kita dimanjakan oleh keindahan Mahameru. Film arahan Rizal Mantovani ini berhasil menjadi Box Office 2012 dengan jumlah penonton 2.364.237 dan masih akan terus bertambah karena masih ada dibeberapa bioskop daerah. Film ini di Produksi oleh Ram Soraya.

9. Habibie Dan Ainun

Film dari buku “Habibie Dan Ainun” karya Bapak BJ Habibie ini tayang 20 Desember 2012 di Bioskop. Film yang diperankan oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari ini mengisahkan tentang cinta sejati Bapak Habibie kepada Ibu Ainun.

Film arahan Faozan Rizal dan produksi MD Pictures ini berhasil menduduki Box Office pertama pada tahun 2012. Sampai saat ini jumlah penonton sekitar 4.086.096 dan masih akan terus bertambah karena masih tayang dibeberapa bioskop daerah.

Source :

  • Data Penonton : Filmindonesia.or.id & ngomongon-film-indonesia.blogspot.com
  • 21cineplex.com
  • kapanlagi.com

Tambahkan sebuah komentar

Sudah baca yang ini belum ?close